top of page

Dividend Yield (DY) #Seri Fundamental

Fundamental Series: Dividend Yield (DY) Kali ini kita akan membahas indikator yang kira-kira semua orang suka yaitu Dividend Yield (DY). Perlu diketahui mendapatkan keuntungan dari saham ada 2 cara. Pertama melalui Capital Gain dimana kita membeli sebuah saham kemudian menjualnya diharga yang lebih mahal selisih harga beli dan jual tersebut menjadi keuntungan kita. Sedangkan cara yang kedua adalah melalui pembagian Dividen/Dividend yakni keuntungan perusahaan. Ketika kita memiliki saham suatu perusahaan, berarti kita juga bertindak sebagai pemilik perusahaan tersebut. Perusahaan dibuat untuk menghasilkan keuntungan dan yang dapat menikmati keuntungan tersebut adalah tidak lain sang pemegang saham itu sendiri. Pembagian keuntungan perusahaan diputuskan melalui mekanisme RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham) kemudian melewati serangkaian proses. Dividend Yield (DY) adalah indikator untuk mengukur seberapa besar Dividen perusahaan yang diterima oleh investor dibandingkan dengan harga saham. Rumus mencari Dividend Yield (DY) yaitu Dividen Per Lembar Saham dibagi Harga Saham. Dividend Yield (DY) = Dividen Per Lembar Saham / Harga Saham Biasanya Dividend Yield (DY) ditulis berdasarkan presentase seberapa besar Dividen yang diterima dibanding harga saham saat ini.

Perlu Diingat
  1. Pembagian Dividen bisa saja berbeda setiap tahunnya, jika anda memang mencari perusahaan yang membagikan Dividen secara rutin, carilah perusahaan yang secara profit bertumbuh dan membagikan Dividen secara rutin. Biasanya Dividen yang diberikan juga meningkat.

  2. Tidak semua perusahaan membagikan Dividen dan bukan berarti perusahaan yang tidak membagikan Dividen berarti perusahaan yang jelek. Karena dapat saja perusahaan tersebut memutar kembali keuntungan menjadi modal seluruhnya sehingga kedepannya menjadi perusahaan yang lebih besar lagi hingga harga sahamnya semakin tinggi.


0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page