top of page

Yang Mengganggu Saya Saat Baca Buku Dirumah

Well,...saya termasuk orang yang suka baca buku. Tidak suka-suka banget sebenarnya tapi karena dampaknya yang baik saya coba biasakan lama-kelamaan terbiasa dan jadi suka. Berikut list buku yang saya baca tahun 2021 2022.


Biasanya saya membaca pagi/sore hari diteras rumah, sambil santai. Namun,....ada 2 hal yang paling membuat saya terganggu. Yaitu: suara bising kendaraan dan asap bakaran sampah.

1. Suara bising kendaraan


Mengingat rumah saya letaknya diseberang jalan jadi sering dilalui kendaraan. Sangat sering kendaraan yang lewat itu knalpotnya terlalu kencang sehingga mengganggu konsentrasi saya saat membaca. Seharusnya bukan saya saja tapi orang-orang lain pada umumnya akan merasa terganggu jika mendengar suara bising kendaraan. Saya tidak habis pikir kenapa banyak orang senang membuat kendaraannya sangat bising, dikiranya mungkin keren tapi dilain sisi (mungkin mereka tidak sadar) merugikan orang lain.


Kebisingan juga termasuk bagian Pencemaran Suara atau Noise Pollution yang saat ini sering dibahas termasuk dalam Hak Asasi Manusia / Human Rights.



2. Asap Bakaran Sampah


Selain suara bising tadi, tetangga saya juga sering bakar sampah disamping dan depan rumah. Biasanya yang dibakar sampah dedaunan. Asap yang ditimbulkan dari membakar sampah tersebut sangat mengganggu dan akhirnya saya mesti menghentikan kegiatan saya. Menghirup asap walaupun dalam jangka pendek sepertinya tidak terlalu berdampak namun dalam jangka panjang bisa berdampak buruk bagi kesehatan, selain itu juga sangat mengganggu. Belum lagi dampak lingkungan yang ditimbulkan.


Saya pernah membaca/menonton pembahasan mengenai kenapa tanah dihutan subur. Sederhananya karena dedaunan yang gugur dihutan itu sendiri menjadi pupuk yang menyuburkan tanah. Yang dilakukan orang-orang ini malah sebaliknya, membakar dedaunan, menyebabkan polusi dan merugikan orang lain (mengganggu aktivitas dan kesehatan). Saran saya jika ada dedaunan berserakan jangan dibakar, letakan saja ditanah sehingga ketika daun itu membusuk, tanah menjadi lebih subur.



Yah,....kira-kira segitulah curhatan kali ini, kalo ada mood mungkin pertopik ini juga bisa dibahas, asap pembakaran sampah dan polusi suara. Harapan saya semoga setidaknya kedepannya bisa dapat suasana membaca yang lebih baik dan orang lebih tersadarkan tentang 2 hal ini.

0 komentar

Commentaires


bottom of page