Super Smash Bros. Ultimate (2018)

Diperbarui: 12 Nov 2019

Super Smash Bros salah satu game andalan Nintendo hadir lagi dipenghujung tahun 2018 dengan label "Ultimate" tersemat dijudulnya. Apakah sebutan "ultimate" pantas untuk dibawa game eksklusif Nintendo Switch ini ? Dari nama besar Super Smash Bros saja para fans sepertinya layak berharap banyak.


Super Smash Bros adalah salah satu judul lawas Nintendo sejak zaman Nintendo 64 dulu. Mengusung ganre fighting, Super Smash Bros merupakan cross over dari banyak judul game (terutama game-game nintendo). Bayangkan saja karakter-karakter seperti Pikachu bertarung melawan Mario Bros dalam satu layar. Menariknya pertarungan tidak terbatas hanya 1 lawan 1 saja, namun hingga 8 player dapat ikut bertarung dalam layar yang sama. Keseruan bermain game beramai-ramai ini adalah salah satu nilai penting Super Smash Bros dan menjadikannya sangat fun untuk dimainkan terutama dengan teman-teman.



Konten

Sebenarnya tidak ada yang benar-benar baru dari segi gameplay yang ditawarkan Super Smash Bros Ultimate. Masih mengusung konsep fighting yang sama dan tentu saja menjadi ciri khasnya. Namun jika disederhanakan "KAYA KONTEN" mungkin adalah ungkapan yang tepat untuk game ini. Bagaimana tidak, jika dibandingkan game fighting manapun sepertinya sulit menandingi jumlah konten dalam game ini. Lebih dari 100 map dihadirkan, termasuk map-map lama dan baru, design map juga dibuat sangat baik dan beragam. Dari segi musik, luar biasa terdapat lebih dari 800 tracks jumlah musik yang bahkan diputar 24 jam pun belum akan habis. Setiap musik dibuat dengan sangat baik dan banyak track-tracknya saya yakin tidak asing ditelinga kita dan bring back mamories banget. Dari jumlah karakter terdapat lebih dari 70 karakter baik yang baru ataupun sudah pernah muncul dalam game Super Smash sebelumnya kembali dihadirkan dan mereka menghadirkan semuanya, ya semua karakter yang pernah muncul digame smash sebelumnya hadir disini tanpa terkecuali. Benar-benar game yang kaya konten.


Single Player

Bicara mode single player, Adventure modenya yang berjudul World of Light terbilang cukup panjang. Hampir 20 jam saya bermain dan itupun baru sekitar setengahnya. Kabarnya bisa butuh waktu lebih dari 30 jam untuk menyelesaikan World of Light. Sistem spirit yang dihadirkan memang menarik dan unik namun bagi saya waktu penyelesaiannya yang begitu panjang rasanya agak membosankan. Selain World of Light, teman-teman juga dapat memainkan Classic Mode, mode single player yang mirip-miriplah dengan game fighting konfensional.


Semua Kalangan

Salah satu hal yang menarik bagi saya adalah bahwa game ini cocok dimainkan untuk semua kalangan gamer. Agak aneh memang karena (apalagi game fighting) game yang lebih casual dan dapat dimainkan semua orang biasanya tidak begitu kompetitif ataupun sebaliknya game kompetitif yang memiliki mekanisme rumit biasanya tidak bersahabat dengan gamer casual. Namun game yang satu ini bisa dikatakan casual karena mudah dipelajari sehingga siapa saja dapat langsung memainkannya namun disisi lain begitu kompleks dan menjadikannya game yang sangat seru dimainkan untuk level pro sekalipun. Perlu diketahui Super Smash Bros adalah salah satu game favorit yang dipertandingkan diajang EVO (turnamen game fighting terbesar dunia yang diadakan setiap tahun).


Online

Fitur online menurut saya pribadi cukup baik, sebagian besar battle berjalan lancar. Bagi saya fitur online apalagi untuk game fighting sangat bergantung pada 2 hal: pertama menyangkut latency, game online yang tidak responsif tentunya akan berpengaruh buruk terhadap pengalaman bermain apalagi game fighting sangat mengandalkan kecepatan tangan. Kedua menyangkut waktu menunggu ketika mencari lawan, game fighting biasanya dalam 1 pertandingan berlangsung relatif cepat, bila waktu tunggunya lebih lama dari gamenya tentunya akan sangat membosankan. Menyangkut 2 hal tersebut bagi saya diantisipasi dengan baik oleh Nintendo. Response time sudah sangat baik untuk sebagian besar match. Kedua adalah waktu tunggu ketika mencari lawan yang terbilang singkat. Memang kadang terdapat match yang rada ngelag namun hal tersebut saya anggap wajar dan dapat ditolerir, apalagi Nintendo Switch 'hanya' menggunakan koneksi wireless (bila kita tidak membeli kabel wirenya). Walaupun terkadang terdapat match yang ngelag hal itu tidak menjadi masalah dan dapat dikatakan wajar mengingat sebagian besar match berjalan dengan sangat baik.


Kesimpulan

Super Smash Bros. Ultimate adalah game yang sangat baik, kaya konten, dan sangat fun dimainkan terutama beramai-ramai. Cocok dimainkan semua kalangan baik diwaktu santai ataupun oleh gamer profesional. Jadilah game ini sebagai game komplit dan menjadi game wajib pemilik Nintendo Switch untuk game bergenre fighting. Ayo ajak teman-temanmu bermain dan jangan lupa cemilannya. Oya, saya biasanya mengaktifkan balancing supaya tidak ada teman yang jadi terlalu jago dan menang terus-terusan.


*thamesong Super Smash juga memorable banget, saya yakin teman-teman pasti suka dan sulit lupalah sama lagunya

0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua