Review Game: Super Robot Wars V (2017)

Bagi teman-teman pecinta mecha dan game tentunya sudah tidak asing lagi dengan judul Super Robot Wars, game strategi yang sangat memanjakan penggemar robot jepang. Bagaimana tidak, game ini merupakan crossover anime-anime mecha seperti gundam (saya suka gundam anw) hingga judul lawas seperti Mazinger dan Daitarn.


Super Robot Wars V masih tetap mempertahankan formula gameplay seperti game-game sebelumnya dan bagi saya pribadi ini sangat baik karena memang gameplay Super Robot selama ini sudah menjadi ciri khasnya. Rasanya tidak begitu berbeda dengan rasa bermain 10-20 tahun lalu (sudah berasa tuanya diriku ini).



Setelah tamat 64 jam gameplay, kekurangan utama yang mungkin dapat saya sampaikan dari Super Robot Wars V adalah game ini terasa mudah. Padahal saya sudah memilih dificulty tersulit yang bisa dipilih, namun tetap saja game ini terasa terlalu mudah, hingga game ini tamat sepertinya tidak ada kesulitan berarti yang saya temui. Saya pribadi tidak tahu kenapa sampai begitu mudah, mungkin saja tingkat kesulitan sengaja dipermudah untuk lebih menjangkau banyak gamer casual atau mungkin saja saya yg terlalu jago :v (silakan teman-teman berpendapat sendiri apakah game ini mudah atau sulit ?)


Selain gameplay game strategi yang menarik, salah satu nilai utama game ini adalah animasi bertarungnya. Bagaikan suatu karya seni yang indah. Di awal game, variasi serangan mungkin masih terlihat biasa, namun seiring perjalanan jumlah dan kemampuan robot semakin bertambah kita disuguhkan dengan animasi yang keren abis, sangat sayang untuk diskip. Animasi bertarungnya memang super keren, menjadi salah satu faktor utama kerennya game Super Robot.


Bagian seru lainnya juga adalah kostumisasi robot dan karakter sebelum memulai misi, kita perlu melakukan sejumlah upgrade yang tentunya meningkatkan kemampuan robot dan pilot kita. Mengingat resouces yang dimiliki terbatas, kita perlu pintar-pintar memilih bagian mana yang akan diupgrade.


Akhir kata game Super Robot Wars V adalah game yang bagus untuk dimainkan, cocok buat saya nostalgia juga setelah pertama main Super Robot Wars Alpha Gaiden belasan tahun lalu, I have a good time. Juga buat teman-teman yang pertama kali ingin mencoba memainkan sangat disarankan. Game ini cukup mudah sehingga seharusnya tidak membuat teman-teman frustasi, newbie friendly lah. ;)


Dikumentasi Gameplay Saya

0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua