Rekomendasi Game: Overwatch (2016)

Diperbarui: 12 Nov 2019

Overwatch adalah salah satu game favorit saya pribadi. Tidak bosan dimainkan dan selalu dapat membuat saya kembali memainkannya walaupun setelah memainkan game-game lain. Mengusung genre FPS (One Person Shooter), Overwatch menempatkan diri berbeda dibanding kompetitor sejenis. Jika game FPS biasanya cenderung serius dan menegangkan, Overwatch lebih terkesan menyenangkan dan asyik untuk dimainkan.



Keberadaan Overwatch terbilang unik dibandingkan game FPS pada umumnya. Setiap karakter memiliki skill tersendiri sehingga gameplay dan cara memainkan setiap karakter berbeda dan sangat beragam. Mulai dari karakter yang menggunakan senapan mesin, sniper, pistol, nembakin roket, laser, pake pedang, bawa palu, atau tangan kosong pun ada. Mau main jarak dekat, menegah, jauh bisa. Ada hero tank yang healthnya buanyak buanget, ada pula hero support yang dapat membantu teman setim.


Thumbs Up juga buat design karakter game ini. Setiap karakter yang ada memiliki tampilan yang super unik dan menarik, kesemuanya enak untuk dimainkan dan memiliki gaya bertarungnya masing-masing. Untuk dapat menguasai dan terbiasa menggunakan satu karakter saja memerlukan waktu yang lama, sehingga waktu bermain game ini bisa tak terhingga. Biasanya setiap orang memiliki karakternya sendiri yang senang digunakan (saya pribadi senang menggunakan Widowmaker disamping cakep doi Sniper soalnya).


Bagi teman-teman yang mungkin merasa "aiming"nya masih payah di game-game FPS lain jangan takut untuk mencoba game ini. Karena terdapat karakter yang bahkan tidak memerlukan skill aiming yang baik untuk dimainkan. Setiap karakter juga dibuat balance sehingga tidak ada karakter yang terlalu "imba" untuk dimainkan. Cocok buat semua kalangan gamer deh.


Mungkin game ini tidak menawarkan "Story Mode" namun satu hal yang menarik juga terdapat pada sisi storynya. Biasanya game-game FPS tidak terlalu menekankan pada sisi story, namun bagi saya cerita dalam game ini terbilang bagus. Overwatch Animated Short yang diupload di channel youtube Overwatch tidak pernah saya lewatkan. Juga ada komik atau media lainnya yang membahas mengenai cerita.


Overwatch adalah game yang mengutamakan kerjasama tim, hal itu bagi saya dapat menjadi hal yang positif ataupun negatif. Memang asik memainkan game yang memerlukan kerjasama tim dan kekompakan, namun dari pengalaman saya pribadi akan sangat sulit menang jika dalam 1 tim tidak kompak atau terdapat "beban" dalam tim tersebut. Untuk meminimalisir hal demikian, main bersama teman mungkin dapat menjadi solusi dan menambah keseruan berkali-kali lipat. Yup Overwatch jauh lebih menyenangkan bila dimainkan bersama. Disediakan pula sarana join grup untuk bermain jika anda sendirian dan ingin mencari grup.


Sepintas Overwatch terlihat seperti game yang mudah untuk dimainkan. Terbersit anggapan "saya pasti cepat bisa dan dalam waktu singkat dapat merajai game ini". Namun kenyataannya tidaklah mudah (tidak semudah itu Ferguso). Untuk dapat sekedar "bisa" mungkin memang mudah, namun agar bisa disebut master memerlukan waktu, usaha dan tenaga yang tidak sedikit. Tidak percaya ? Coba saja saksikan para pro player memainkan game ini, dibutuhkan skill yang maha dahsyat untuk melakukannya (berasa gw cupu banget) LoL.


Blizzard selaku developer juga sangat mendukung Esports dalam gamenya yang satu ini. Format turnamen dan pengelolaannya dibuat sangat baik. Sebut saja Overwatch League yang ketika tulisan ini dibuat memasuki season 2. Bagi saya pengelolaan Esport di game ini selangkah lebih maju dibandingkan game kompetitif lainnya, sangat profesional. Bahkan tim-tim yang berlaga di Overwatch League dibikin kostum game tersendiri didalam gamenya, lengkap hingga modifikasi warna tembakan untuk memudahkan penonton pertandingan. Luar biasa.


Blizzard sebagai developer memang sering mengeluarkan game-game bagus (Biasanya auto buy bagi saya). Setelah lama Blizzard tidak meluncurkan franchise baru, namun kali ini francise terbaru Blizzard terbilang dahsyat. Perlu diketahui pada tahun 2016 Overwatch berhasil menyabet berbagai penghargaan termasuk Game of the Year 2016.

0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua