Rekomendasi Film: A Quiet Place (2018)

Diperbarui: 12 Nov 2019

A Quiet Place merupakan salah satu film horror yang bagi saya terbilang unik. Menceritakan tentang sebuah keluarga yang mencoba bertahan hidup dari serangan monster. Meski monster tersebut tidak dapat melihat namun memiliki pendengaran yang sangat tajam. Suara kecil saja sudah dapat membuat monster tersebut memburumu. Konsep cerita demikian membuat A Quiet Place menjadi film yang sangat hening berhubung para tokohnya sedapat mungkin tidak boleh bersuara.

If they hear you, they hunt you.

Konsep film horror sunyi mungkin bukan yang pertama bagi saya. Tahun 2016 sempat muncul film Don’t Breathe yang mengusung konsep serupa. Namun A Quiet Place membuatnya bahkan lebih sunyi lagi. Dari semua film yang pernah saya tonton sepertinya film ini adalah yang paling irit suara.


Berhubung filmnya sepi dialog, teman-teman yang buta bahasa inggris sekalipun dapat dengan pede mematikan subtitle (jarang kan nonton film barat tanpa subtitle, sensasi menonton yang langka hehe). Salah satu keunggulan film yang sunyi ini adalah kita sebagai penonton dapat lebih menikmati visual filmnya. Pengambilan gambar yang baik begitu kentara terutama diawal-awal film. Termasuk kemampuan akting dan penjiwaan para pemerannya sangat ditonjolkan. Saya pribadi sangat menikmati tampilan visual dalam film ini. Walaupun terbilang minim suara, bagi saya soundnya juga dikerjakan dengan sangat baik dan detail. Suara-suara kecil seperti suara rumput, air, kaki yang menginjak papan dan sebagainya menambah suasana yang menegangkan.



Bagi saya A Quiet Place lebih condong ke arah thriller, jika dibilang horror sepertinya agak tanggung. Daripada menyeramkan, kata menegangkan mungkin lebih tepat bagi saya. Suasana yang dibangun dalam kesunyian yang mencekam menjadi nilai utamanya. Selagi menonton, napas saya bahkan ikut-ikutan pelan dan tenang seakan ikut terbawa suasana filmnya (takut monsternya ikut menyerang saya juga :v). Rasanya napas sendiripun ikut terdengar juga kala menonton.


Akhir kata film A Quiet Place adalah film yang bagus bagi penyuka film thriller/horror. Tampilan yang segar dan berbeda dengan film-film yang lain. Bagi yang penakut tenang saja, saya rasa film ini tidak begitu menakutkan untuk kelas film horror, hanya lebih menegangkan. Atur napas anda dan selamat menyaksikan.

0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua