Rekap NBA Playoff 2020

NBA musim 2019-2020 telah berakhir dan akhirnya LA Lakers bisa juara lagi setelah 10 tahun lalu. Menurut saya Playoff tahun ini cukup seru, jadi mungkin perlu saya rekap sedikit. Buat yang tidak sempat nonton atau mau mengenang, berikut rangkuman playoff NBA season 2019-2020.


NBA Playoff tahun ini terbilang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dimana ditengah wabah covid-19 terpaksa membuat pertandingan-pertandingan digelar tanpa penonton secara langsung. Kendatipun demikian NBA Playoff tahun ini tetaplah seru dan menarik untuk diikuti. Ini adalah rekapan saya pribadi, meskipun saya tidak ngerti-ngerti amat soal basket setidaknya tulisan ini murni pendapat saya dan mungkin agak personal (karena saya fans lakers juga).



Seperti biasa NBA Playoff mempertemukan 8 tim terbaik dari wilayah timur dan barat. Berikut adalah full hasil bracketnya:


Round 1


1. Lakers vs Blazers

Pemuncak klasemen wilayah barat Lakers bertemu ranking 8 Blazers. Biasanya lawan pertama juara wilayah akan relatif mudah karena dipertemukan dengan ranking 8, namun Blazers berhasil memberikan kejutan dengan memenangkan game pertama walaupun 4 game sisanya dibabat habis Lakers. Saya cukup menyayangkan sebenarnya karena Lakers dan Blazers adalah tim yang saya suka (kenapa mereka harus bertemu difase awal T_T). Blazers dengan Damian Lillard (yang dicera jari) dan kawan-kawan (Melo, McCollum) sayangnya tidak mampu membendung Lakers 4-1. Masih hangat diingatan saya ketika tahun lalu Blazers (Damian Lillard) menyingkirkan OKC, dengan cara yang epic mampus (videonya disini).

Game 1, Game 2, Game 3, Game 4, Game 5


2. Rockets vs Thunder

James Harden & Westbrook (Rockets) melawan Chris Paul (OKC). Masing-masing pemain bintang melawan mantan timnya sendiri. Seriesnya lumayan seru dimana setelah Rockets unggul 2-0, OKC berhasil menyamakan kedudukan 2-2. Game 5 Rockets unggul 3-2, namun bisa disamakan OKC lagi 3-3 di game 6 hingga memaksa game 7.

Game 7 berlangsung sengit, dimana pertandingan ketat hingga detik terakhir. Walaupun digame 7 James Harden tidak bermain baik, Rockets akhirnya bisa menang tipis dengan skor 104-102

Game 1, game 2, game 3, game 4, game 5, game 6, game 7


3. Nuggets vs Jazz

Menurut saya ini adalah series paling seru diplayoff kali ini. Beberapa rekor juga tercipta disana. Donovan Mitchell dan Jamal Murray adalah pemain yang harus anda perhatikan karena saries ini adalah pertarungan teramat seru antara keduanya.

Nuggets memenangi game pertama 1-0, dibalas 3 game beruntun oleh Jazz 1-3. Di posisi ini kelihatannya Jazz diatas angin sepertinya akan lolos ke babak selanjutnya, namun tidak oh tidak,...secara mengejutkan Denver Nuggets dengan Jamal Murray (dan Nicola Jokic tentunya) berhasil melakukan epic comeback dan memenangkan series ini 4-3. Kemenangan comeback ini tentu tidak mudah bagi Nuggets mengingat tiap gamenya sangat seru (apalagi di 3 game terakhir). Salut buat Donovan Mitchell dan Jamal Murray, mempertontonkan pertandingan yang luar biasa. Di detik terakhir hampir saja Jazz menang.

Game 1, game 2, game 3, game 4, game 5, game 6, game 7


4. Clippers vs Mavericks

Rookie yang sedang naik daun saat ini Luca Doncic menjalani debut playoffnya melawan tim tangguh peringkat 2 klasemen wilayah barat LA Clippers. Yang seru adalah ketika game 4 dimana Mavericks berhasil menyamakan kedudukan 2-2 melalui clutch shot Luca Doncic didetik terakhir over time.

Sayangnya perlawanan Mavericks hanya sampai disitu saja, Kawhi Leonard dan PG13 (Paul George) masih terlalu kuat dan memenangkan series 4-2.

Game 1, game 2, game 3, game 4, game 5, game 6


5. Bucks vs Magic

Pemuncak kelasemen wilayah timur Milwaukee Bucks uniknya mengalami kejadian serupa seperti yang terjadi pada juara wilayah barat LA Lakers dimana pada game pertama secara mengejutkan Bucks dikalahkan Magic dengan skor 122-110.

Namun setelah itu, keajaiban tidak lagi terjadi bagi Magic. Gianis dkk tanpa kesulitan berarti berhasil memenangkan seluruh pertandingan selanjutnya. Skor 4-1 untuk Bucks.

Game 1, game 2, game 3, game 4, game 5,


6. Pacers vs Heat

Oke, series ini termasuk unik juga. Pacers peringkat 4 klasemen wilayah timur sedangkan Heat peringkat 5 namun dilapangan Heat sukses menggundili Pacers dengan menang telak 4-0. Tidak satu game pun dimenangkan Pacers not even close. Heat sedang on fire kali ini.

Game 1, game 2, game 3, game 4


7. Celtics vs 76ers

Bermain tanpa bintangnya Ben Simmons, 76ers yang hanya mengandalkan Embiid sangat kesulitan menghadapi Jayson Tatum dkk. 4-0 untuk Celtics.

Game 1, game 2, game 3, game 4


8. Raptors vs Nets

Juara bertahan NBA musim 2018-2019 Toronto Raptors tidak mengalami kesulitan menghadapi Brooklyn Nets. Seluruh pertandingan disapu bersih 4-0 untuk Raptors.

Game 1, game 2, game 3, game 4



Conference Semifinals


1. Lakers vs Rockets

Lebron & AD lawan Harden, Westbrook. Lagi-lagi Lakers kalah digame pertama namun sisanya, Lakers tidak mengalami kesulitan menumbangkan Rockets. Saya pribadi cukup puas Lakers menang, soalnya saya tidak begitu suka si Westbrook walaupun dia jago juga sebenarnya.

Game 1, game 2, game 3, game 4, game 5


2. Nuggets vs Clippers

Series yang seru juga terjadi antara Nuggets melawan Clippers, setelah sebelumnya berhasil epic comeback melawan Jazz, kali ini Nuggets harus bertemu lawan berat lagi Kawhi dan PG13. Clipper menang digame pertama kemudian dibalas Nuggets digame ke-2 skor 1-1. 2 pertandingan selanjutnya dimenangkan Clippers dengan cukup meyakinkan. Diposisi ini sepertinya Clippers akan lolos ke babak conference final, hal ini terlihat bahkan sampai quarter ke-4 game 5, Nuggets masih ketinggalan poin. Namun keajaiban kembali terjadi, quarter ke-4 secara mengejutkan Nuggets berbalik menang. Juga di game ke-6 dan ke-7 dimenangkan Jamal Murray dkk. Semangat juang yang luar biasa.

Game 1, game 2, game 3, game 4, game 5, game 6, game 7

3. Bucks vs Heat

Unggulan pertama wilayah timur Bucks bertemu dengan Heat. Secara mengejutkan dipimpin Jimmy Butler Heat berhasil memenangkan 3 game pertama, skor 3-0 untuk Heat. Di game ke-4 berita buruk menimpa Bucks, bintangnya Giannis Antetokounmpo mengalami cidera dan tidak dapat melanjutkan pertandingan. Meski dengan susah payah hingga overtime Bucks berhasil memenangkan game ke-4. Digame ke-5 Bucks harus bermain tanpa Giannis yang cidera dan akhirnya harus rela tersingkir dengan Skor 4-1.

Game 1, game 2, game 3, game 4, game 5


4. Raptors vs Celtics

Pertandingan seru lagi terjadi antara unggulan ke-2 wilayah timur dengan unggulan ke-3. Raptors melawan Celtics. Kejar-mengejar poin terus terjadi hingga Game 7. Game yang paling seru ada digame ke-3 dimana kejar mengejar poin terjadi hingga clutch shot didetik terakhir. Game ke-5 berlangsung hingga double overtime, dan game terakhir juga tidak kalah serunya. Akhirnya Raptors sang juara bertahan season sebelumnya harus tumbang ditangan Celtics dengan skor 4-3.

Game 1, game 2, game 3, game 4, game 5, game 6, game 7



Conference Final


1. Lakers vs Nuggets

Conference final wilayah barat mempertemukan Lakers dengan Nuggets yang sukses melakukan epic comeback 2 kali berturut setelah ketinggalan 3-1. 2 game pertama, dimenangkan oleh Lakers, Nuggets mencoba mengejar kedudukan dengan memenangkan game ke-3, skor 2-1 untuk Lakers. Namun sayangnya kali ini Nuggets tidak berhasil mengulangi epic comebacknya dan akhirnya harus tersingkir dengan skor 4-1. Setidaknya salut atas perjuangaan Jamal Murray dkk yang berhasil sampai sejauh ini. Dari pertandingannya sendiri, kejadian seru terjadi digame ke-2 dimana detik-detik terakhir terjadi kejar mengejar angka, namun diakhir pertandingan Anthony Davis berhasil melakukan clutch shot yang memenangkan pertandingan. Juga ada kejadian di Game ke-4 dimana Murray melakukan lay up spektakuler.

Game 1, game 2, game 3, game 4, game 5


2. Heat vs Celtics

Final wilayah timur pertandingan seru mempertemukan Heat dengan Celtics, digame pertama saja pertandingan sampai ditentukan hingga overtime, ditutup dengan block dahsyat dari Bam Adebayo. Heat unggul 2-0 didua game awal, terus mencoba memperkecil jarak namun akhirnya Celtic harus tersingkir dengan skor 4-2. Heat maju ke Final NBA melawan Lakers.

Game 1, game 2, game 3, game 4, game 5, game 6