Recap Euro 2020 (2021)

Setelah tertunda 1 tahun karena wabah Covid-19 akhirnya Euro digelar juga di Tahun 2021. Berikut rekap singkat saya tentang Euro 2021.



Fase Grup


Grup A (Italy, Wales, Swis, Turki)

Di grup A Italy tidak mengalami kesulitan untuk lolos, menang disemua pertandingan grup. Wales lolos diperingkat ke-2. Swis juga lolos di babak knockout.


Grup B (Belgia, Denmark, Finlandia, Rusia)

Seperti Italy, Belgia lolos dengan poin sempurna. Peringkat kedua ditempati Denmark. Momen menegangkan terjadi ketika Finlandia bertemu Denmark, pemain Denmark Christian Eriksen hampir mati ketika tiba-tiba jatuh di lapangan. Untung Eriksen bisa tertolong dan memutuskan untuk pensiun setelahnya (padahal dia salah satu pemain andalan Inter Milan)



Grup C (Belanda, Austria, Ukraina, Makedonia Utara)

Belanda lolos dengan memenangi semua pertandingan, disusul Austria dan Ukraina yang juga lolos ke babak knockout.


Grup D (Inggris, Kroasia, Ceko, Skotlandia)

Kejutan sempat terjadi dipertandingan kedua ketika Skotlandia berhasil menahan Inggris, namun Inggris tetap memuncaki klasemen ketika mengalahkan Ceko dipertandingan terakhir. Kroasia dan Ceko juga sama-sama lolos.


Grup E (Swedia, Spanyol, Slovakia, Polandia)

Kejutan terjadi digrup E ketika Spanyol terancam tidak lolos babak kualifikasi setelah hanya memperoleh 2 hasil imbang namun akhirnya bisa lolos dengan membantai Slovakia 5-0 dipertandingan terakhir. Swedia menempati peringkat pertama dengan 7 poin.


Grup F (Perancis, Jerman, Portugal, Hungaria)

Grup ini merupakan grup paling seru dimana ada Perancis (juara piala dunia 2018), Jerman (juara piala dunia 2014) dan Portugal (juara euro 2016). Ketiganya akhirnya bisa lolos penyisihan grup dengan Perancis sebagai juara.

Hungaria disatu sisi juga memberikan perlawanan menarik sebagai non unggulan dimana berhasil menahan imbang Perancis, dan hampir saja lolos ketika sempat unggul 1-0 dan 2-1 terhadap Jerman yang kemudian akhirnya bisa disamakan 2-2.



Fase Knockout


16 Besar

Kejadian menarik disini yaitu Portugal yang berhasil disingkirkan Belgia, Perancis yang kalah adu Pinalti oleh Swis, Spanyol mengalahkan Kroasia melalui babak perpanjangan waktu, Inggris mengalahkan Jerman 2-0, Belanda pulang dikalahkan Ceko 2-0.

Tim unggulan yang turun bendera: Portugal, Perancis, Kroasia, Jerman, Belanda


Perempat Final

Diperempat final jagoan saya Belgia harus pulang dikalahkan Italy 2-1. Spanyol, Inggris, Denmark berhasil lolos.

Tim unggulan yang turun bendera: Belgia, (ceko cukup kuat cuma fansnya sedikit)


Semi Final

Italy lawan Spanyol imbang 1-1, hingga pinalti Italy berhasil menang 4-2. Spanyol pulkam.

Inggris lawan Denmark juga berlangsung hingga perpanjangan waktu sampai Kane membuat Inggris unggul 2-1 dimenit 104. Denmark pulkam.

Tim yang melakukan prosesi penurunan bendera: Spanyol, Denmark


Final

Dibabak final Italy sempat dikejutkan dengan gol cepat Shaw dimenit ke-2, nanti setelah di menit 67 barulah Bonucci bisa menyamakan kedudukan. Skor 1-1 bertahan hingga pinalti.

Dibabak pinalti 3 penendang terakhir Inggris berturut-turut gagal mengeksekusi dan akhirnya Italy berhasil juara Euro 2020 (2021). Congratz buat Italy.

0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua