Mengapa Berinvestasi Saham ?

Diperbarui: 16 Okt 2019

Mungkin sebagian dari anda telah mendengar tentang investasi saham. Beberapa tahun terakhir ini Otoritas Bursa memang lagi gencar mempromosikan program "yuk nabung saham" kepada masyarakat luas dan jumlah investor belakangan ini semakin bertambah banyak. Terdapat beragam instrumen investasi, berikut saya akan membahas mengapa kita perlu berinvestasi saham berdasarkan pengalaman saya pribadi.


  1. Memberikan kesempatan kepada kita untuk memiliki bisnis besar dengan modal yang kecil. Mungkin dari kita ada yang berkeinginan untuk memulai bisnis, namun terhalang dengan berbagai alasan misalnya modal yang terbatas atau kekhawatiran bilamana bisnisnya nanti rugi dan sebagainya. Pasar modal memberikan kesempatan kepada kita untuk memiliki bisnis besar yang sudah berjalan dan menguntungkan dengan modal yang minim. Jangan lupa bahwa membeli saham suatu perusahaan adalah berarti kita mempunyai kepemilikan terhadap suatu perusahaan termasuk menikmati keuntungan perusahaan tersebut (dividen).

  2. Liquid Salah satu yang saya sukai dari investasi saham adalah sifatnya yang liquid. Mudah untuk dicairkan dan dijual. Ketika kita hendak menjual saham biasanya dengan mudah langsung terjual saat ini juga. Berbeda dengan investasi tanah atau properti yang ketika kita hendak menjual, tidak mudah menemukan pembeli sehingga memerlukan waktu yang agak lama untuk menjualnya.

  3. Dimana saja, kapan saja Bisnis saham tidak terbatas pada ruang dan waktu. Anda dapat melakukannya dimanapun selama ada jaringan internet. Bisa dilakukan dirumah, dikantor, ditempat liburan, dicafe, dimana saja. Analisis saham juga dapat dilakukan ketika market tutup sekalipun. Kebebasan waktu dan tempat ini sangat memudahkan para investor memantau saham mereka.

  4. Santai Berinvestasi saham sangat bersahabat dengan waktu. Seorang investor tidak perlu repot-repot memantau setiap saat saham yang dimilikinya, cukup santai dan biarkan uang anda bekerja untuk anda. Saya pribadi cukup santai dan banyak waktu luang mengingat saya hanya perlu waktu sebentar untuk mengatur trading plan dan investasi saya.

  5. Menguntungkan Nah biasanya ini yang paling dicari banyak orang. Seberapa besar sih keuntungan berinvestasi saham? Saya tahu banyak orang memutuskan terjun kedunia saham hendak mencari keuntungan besar. Namun kembali lagi, seberapa besar keuntungan anda tergantung kemampuan dan besaran modal yang anda miliki. Mungkin dapat saya sampaikan adalah saham dapat memberikan potensi keuntungan yang cukup menarik.


Bisnis Sempurna

Bagi saya pribadi bisnis saham adalah bisnis yang sempurna. Tidak punya bos, tidak perlu repot ke kantor, tidak punya karyawan, tidak punya pelanggan, bebas bangun jam berapa saja, dapat dilakukan dimana saja, effisiensi waktu, menghasilkan keuntungan yang besar tanpa melibatkan orang lain. Satu-satunya yang perlu saya perhatikan adalah diri saya sendiri.


Dari sekian banyak alasan yang ada berinvestasi saham memang sepintas terlihat menggiurkan. Namun yang sering banyak orang lupa adalah proses hingga seseorang berhasil berbisnis saham tidak mudah juga. Dalam berbisnis saham perlu waktu, terus belajar, ketekunan dan kesabaran. Kembangkanlah diri anda dan niscaya hasil yang didapatkan akan maksimal. Semoga tulisan singkat ini dapat berguna bagi anda yang ingin belajar berinvestasi saham. Salam Sukses.


0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua