Membangun Kesuksesan dengan Cara yang Mudah (Slight Edge)

Jadi, jika kamu seperti kebanyakan orang, kamu memiliki visi tentang potensi dirimu di masa depan. Versi diri kamu yang lebih sukses, lebih rapi, lebih kaya, dan lebih bahagia. Tetapi kamu mungkin juga bertanya-tanya apakah kamu benar-benar bisa menjadi orang ini atau apakah orang ini hanyalah isapan jempol dari imajinasi kamu semata. Karena terkadang perbedaan antara siapa kamu sekarang dan siapa yang kamu inginkan dimasa depan tampak begitu mencolok. Sehingga kamu bertanya-tanya apakah harapan tentang potensi dirimu ini bahkan dapat dicapai atau itu hanya seperti harapan palsu semata?


Bagaimanapun, sementara beberapa orang benar-benar mencapai impian mereka dan berhasil mengubah dunia, sebagian besar lainnya tidak (bahkan sangat jauh). Jadi apa perbedaan antara kedua tipe orang ini dan bagaimana tidak membiarkan impian kita hanya menjadi mimpi semata tapi benar-benar mewujudkannya ?


Penulis Jeff Olsen menyarankan bahwa ada cara keren yang dapat kamu gunakan untuk mencapai kesuksesan, apa pun makna kesuksesan bagi kamu. Ada cara yang pasti untuk membuat suatu kemajuan besar-besaran diarea mana pun dalam hidupmu dan berita baiknya itu tidak sesulit yang kamu bayangkan. Jadi begini gaes, setiap orang yang pernah sukses memahami satu hal ini yang disebut “slight edge” (judul bukunya) (potongan kecil). Mungkin bisa disebutkan sebagai keunggulan kecil, tetapi keunggulan kecil ini jelas merupakan faktor utama dalam mencapai kesuksesan.


Jadi bagaimana caranya? katakanlah kamu memiliki seorang paman yang sangat kaya yang suatu hari merasa sangat murah hati dan dia berkata kepadamu, "Anto anakku, saya akan memberi kamu dua pilihan. "Saya akan memberimu uang satu milyar sekarang" dan kamu bisa berjalan keluar dari pintu sebagai seorang milyuner " atau saya memberi kamu 10 rupiah, 10 RUPIAH" dan saya akan mengandakannyanya setiap hari selama sebulan. " Opsi mana yang akan Kamu pilih? Naluri memberi tahu kamu untuk memilih opsi pertama tetapi jika kami melakukan perhitungan matematika sederhana, opsi satu memberi kamu satu milyar. Itu matematika yang cukup sederhana tetapi jika Kamu memiliki kesabaran dan ketekunan untuk bertahan selama 30 hari, opsi kedua memberi kamu 5 milyar. Lebih dari lima kali nilai opsi satu. Yang aneh adalah dengan opsi dua, sebagian besar hari-hari itu, penggandaan uang ini tampak seperti membuang-buang waktu. Setelah 20 hari pengandaan, Kamu hanya akan memiliki 5 juta rupiah. Pada saat itu, jika kamu Anto, kamu pasti akan mengira kamu bego. Tapi dengan sedikit lagi kesabaran, perubahan dramatis terjadi.


Contoh lainnya. Kamu bisa pergi ke gym dan latihan sangat keras pada satu hari, latihan terbaik dan terberat dalam hidupmu. Super Spartan Sekali. Setelah itu, kamu melakukan segalanya dengan benar. Makanan besar kaya protein dan kamu tidur malam yang panjang dan nyenyak. Namun sayangnya, bahkan setelah seharian dilakukan, kamu tidak akan melihat hasil apa pun. Secara visual, kamu tetap sebesar sebelum kamu pergi. Faktanya bahkan jika kamu tidak ke gym hari itu sama sekali, secara umum tidak ada perbedaan berarti. Jika Kamu bertanya kepada seorang teman bagaimana penampilan kamu sebelum dan sesudah latihan, mereka akan mengatakan kamu terlihat sama persis. Itu karena kamu tidak akan memiliki otot yang besar dengan pergi ke gym hanya sehari dan berlatih lebih keras dari orang lain. Kamu bisa memiliki otot yang besar dengan datang ke gym setiap hari untuk jangka waktu yang lama.



Jadi “slight edge” kira-kira penjabarannya seperti ini. Kesuksesan bukanlah hasil dari melakukan hal-hal yang sulit dan luar biasa melainkan hasil dari melakukan hal-hal yang biasa-biasa saja, relatif mudah untuk melakukan sesuatu setiap hari dalam jangka waktu yang lama.


Mungkin kamu ingin menulis buku. Kamu tidak perlu berharap suatu ketika secara tiba-tiba (entah datangnya dari mana) memiliki inspirasi dan motivasi besar untuk menghasilkan 200 halaman literatur yang brilian dalam seminggu (kamu tahu itu tidak akan pernah terjadi). Jika Kamu ingin menulis buku, tulis setengah halaman dan harimu berakhir. Kemudian ketika Kamu bangun keesokan paginya, selesaikan halaman satu halaman itu dan istirahatlah. Jadikan menulis setengah halaman menjadi kebiasaan sehari-hari yang sederhana dan pada akhirnya akan berubah menjadi mesin yang diminyaki dengan baik yang akan dengan mudah membawa ke tujuanmu (menulis buku). Dengan begitu saja di pagi hari untuk menulis kata-kata yang relatif mudah, setelah satu tahun, kamu akan menulis 182,5 halaman. Itu sudah satu buku! dan kamu melakukannya nyaris tanpa tekanan sama sekali. Santuy. Menulis setengah halaman sehari itu mudah, sesuatu yang kemungkinan besar bisa kamu lakukan. Tetapi ketika dilakukan seiring waktu, setengah halaman berubah menjadi sebuah buku. 45 menit di gym berubah menjadi tubuh pantai. 30 menit berlatih gitar berubah menjadi "Woi Mamat !!? ternyata lo selama ini jago main musik ya."


Jadi, jika kamu ingin mencapai kemajuan besar dalam hidup dibidang apa saja, pecah menjadi hal-hal kecil. Suatu tindakan kecil. Sesuatu yang mudah, bahkan sangat mudah sehingga kamu benar-benar bisa melakukannya, tetapi yang penting pastikan untuk melakukannya setiap hari karena semudah untuk dilakukan, semudah itu pula untuk kita tidak melakukannya. Dan melakukannya atau tidak, berakibat perbedaan antara kehidupan yang sukses dan kehidupan biasa-biasa saja di kemudian hari.


Pertanyaan:

Bagaimana cara memakan seekor gajah ? Memakannya sedikit demi sedikit