Memaksa Diri Produktif

Apakah dirimu termasuk orang yang kurang produktif ? ada sebuah pekerjaan yang harus banget dilakukan namun kitanya terlalu malas bertindak. Yah pada dasarnya kita memang lebih senang untuk bermalas-malasan (termasuk saya juga). Butuh motivasi lebih ? mungkin tulisan ini bisa membantu.


Ada sebuah cara yang saya temukan cukup menarik dan efektif untuk memaksa kita produktif yaitu dengan memberikan hukuman pada diri anda sendiri jika anda tidak berhasil melaksanakan kegiatan tersebut.


Misalnya: Saya ingin dalam 1 bulan berat saya turun 2 kilogram. Titipkanlah sejumlah uang kepada kerabat anda, dan katakan kepadanya "seandainya dalam 1 bulan berat saya tidak turun 2 kilogram silakan ambil uangnya". Dengan melakukan hal tersebut kita akan berusaha sedapat mungkin untuk memenuhi target tersebut karena ada dorongan tambahan (tidak ingin duit kita melayang). Tentu saja kita akan berusaha sekuat tenaga memenuhi terget kita. Pada akhirnya, target kita terpenuhi dan uang kita tidak sayonara. Oya, uniknya bahkan ada website yang bisa anda titipkan uang yang mana uang tersebut akan ditahan jika tidak berhasil mencapai goals anda.


Jika anda tidak mau kena hukuman, bisa juga diganti dengan memberikan hadiah. Janjikanlah hadiah bagi diri anda sendiri jika selesai melaksanakan sesuatu. Makan di restoran kesukaan anda atau membeli sesuatu. Apa saja bisa asal menyenangkan hati.


Menurut saya walaupun metodenya agak menyiksa, memberi hukuman masih lebih efektif daripada memberikan hadiah. Namun bisa saja orang berpendapat lain. Semoga tulisan ini membantu.

0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua