top of page

Latar Belakang


Ikigai adalah konsep Jepang yang telah menjadi semakin populer di seluruh dunia dalam beberapa tahun terakhir. Konsep ini mungkin baru bagi banyak orang, tetapi sebenarnya telah ada selama berabad-abad di Jepang. Kata "ikigai" berasal dari dua kata dalam bahasa Jepang: "iki", yang berarti "kehidupan" dan "gai", yang berarti "nilai" atau "tujuan". Ikigai dapat diartikan sebagai "nilai hidup" atau "tujuan hidup", atau lebih sederhana lagi, sebagai alasan untuk bangun setiap pagi.


Konsep ikigai berasal dari daerah Okinawa di Jepang, yang merupakan salah satu wilayah dengan harapan hidup tertinggi di dunia. Di Okinawa, para tetua seringkali hidup sampai usia yang sangat tua dan tetap aktif secara fisik dan mental. Salah satu rahasia keberhasilan mereka adalah fokus mereka pada ikigai, atau tujuan hidup.


Ikigai adalah konsep yang kompleks, dan terdapat banyak definisi yang berbeda-beda tentang apa itu ikigai. Secara umum, ikigai melibatkan menemukan tujuan hidup dan mengejar hal-hal yang memberi makna dan kepuasan dalam hidup. Ikigai dapat dianggap sebagai konsep yang holistik, yang melibatkan keseluruhan diri seseorang, termasuk pekerjaan, keluarga, hobi, dan hubungan sosial.



Tentang Ikigai


Untuk menemukan ikigai Anda, Anda perlu mengenali beberapa elemen kunci yang membentuk ikigai. Elemen-elemen ini termasuk:

  1. Passion (gairai) atau apa yang Anda sukai

  2. Misi atau tujuan (shimei) Anda dalam hidup

  3. Profesi (shoku) atau pekerjaan Anda

  4. Profisiinalisme atau keahlian (gyo) Anda

Ketika elemen-elemen ini saling berinteraksi dan terintegrasi, maka ikigai dapat tercapai. Menemukan ikigai dapat membantu Anda menemukan tujuan hidup yang lebih besar, dan memberikan makna dan kepuasan dalam hidup Anda. Berikut ini adalah penjelasan lebih detail tentang setiap elemen ikigai:


1. Passion (Gairai)

Passion atau gairai adalah apa yang Anda sukai dan apa yang membuat Anda merasa hidup. Ini adalah kegiatan atau hobi yang Anda nikmati dan Anda senang melakukannya. Biasanya, passion atau gairai adalah hal-hal yang membuat Anda merasa bergairah dan membuat Anda melupakan waktu.


2. Misi atau tujuan (Shimei)

Misi atau tujuan (shimei) adalah mengenai tujuan hidup Anda. Ini adalah tujuan atau cita-cita hidup yang ingin Anda capai. Misi atau tujuan ini dapat berkaitan dengan karir, keluarga, atau bahkan tujuan sosial. Misi atau tujuan Anda haruslah terkait dengan apa yang penting bagi Anda dan apa yang ingin Anda capai dalam hidup.


3. Profesi (Shoku)

Profesi (shoku) adalah pekerjaan atau karir yang Anda jalani. Profesi ini seharusnya menjadi sesuatu yang Anda nikmati dan yang cocok dengan nilai dan minat Anda. Jika pekerjaan Anda tidak memenuhi kriteria tersebut, maka mungkin perlu mencari pekerjaan yang lebih sesuai dengan ikigai Anda. Dalam hal ini, mengambil risiko dan mencari karir yang lebih memuaskan dapat membantu Anda menemukan ikigai Anda.


4. Profesionalisme atau keahlian (Gyo)

Profesionalisme atau keahlian (gyo) adalah kemampuan atau keahlian yang Anda miliki. Gyo melibatkan mengembangkan kemampuan dan keahlian Anda, dan menggunakan mereka dalam pekerjaan dan kehidupan sehari-hari. Ketika Anda dapat menggunakan keahlian Anda dalam profesi yang sesuai dengan ikigai Anda, maka Anda dapat merasa sangat puas dan bangga dengan apa yang telah Anda capai.



Menemukan Ikigaimu


Setelah memahami elemen-elemen ikigai, Anda dapat mencoba mengintegrasikan mereka untuk menemukan ikigai Anda. Berikut adalah beberapa cara untuk menemukan ikigai Anda:


1. Kenali nilai-nilai Anda

Sebelum Anda dapat menemukan ikigai Anda, Anda perlu mengetahui apa yang penting bagi Anda dalam hidup. Kenali nilai-nilai Anda dan pikirkan bagaimana Anda dapat mengintegrasikannya ke dalam elemen-elemen ikigai. Misalnya, jika nilai-nilai Anda termasuk kebebasan dan kreativitas, maka mungkin Anda perlu mencari profesi yang memberi ruang bagi kreativitas dan kebebasan untuk bereksperimen.


2. Temukan passion Anda

Identifikasi apa yang Anda sukai dan nikmati lakukan. Apa yang membuat Anda merasa hidup dan bergairah. Cari tahu hobi, kegiatan atau minat yang benar-benar membuat Anda merasa terlibat dan tidak terasa waktu berjalan. Ini adalah passion atau gairai Anda. Kemudian pikirkan bagaimana Anda dapat mengintegrasikan passion atau gairai tersebut dalam pekerjaan atau kehidupan sehari-hari.


3. Temukan misi Anda

Tentukan apa yang Anda ingin capai dalam hidup. Misi atau tujuan hidup Anda bisa terkait dengan keluarga, karir, kesehatan atau bahkan masyarakat. Ingatlah bahwa misi atau tujuan hidup Anda harus berkaitan dengan nilai-nilai dan minat Anda. Cari tahu apa yang menjadi keinginan terbesar dalam diri Anda dan tuliskan dalam bentuk tujuan.


4. Temukan pekerjaan atau karir yang sesuai

Cari tahu profesi atau pekerjaan yang cocok dengan minat dan nilai Anda. Anda harus mencari pekerjaan yang memungkinkan Anda mengintegrasikan passion, misi dan profesionalisme Anda. Jangan terburu-buru mengambil pekerjaan yang terlihat menguntungkan atau populer, jika pekerjaan tersebut tidak sesuai dengan ikigai Anda.


5. Kembangkan keahlian Anda

Kembangkan keahlian atau kemampuan Anda yang sesuai dengan ikigai Anda. Temukan pelatihan atau kursus yang dapat membantu Anda mengembangkan keahlian dan keahlian yang Anda butuhkan untuk mencapai ikigai Anda. Anda dapat menggunakan keahlian ini untuk mencapai tujuan dan misi Anda, serta membangun karir yang sesuai dengan ikigai Anda.


7. Tetap fleksibel

Ingatlah bahwa ikigai Anda mungkin berubah seiring waktu, dan itu normal. Jangan takut untuk mengevaluasi dan mengubah tujuan, misi, atau karir Anda jika Anda merasa bahwa itu tidak lagi sesuai dengan ikigai Anda. Anda harus selalu terbuka untuk pengalaman baru dan belajar dari kesalahan.


8. Berbagi dengan orang lain

Bagikan ikigai Anda dengan orang lain. Anda dapat membantu orang lain menemukan ikigai mereka dengan berbicara tentang pengalaman Anda. Anda juga dapat membantu orang lain menemukan nilai dan minat mereka yang mungkin mereka tidak sadari sebelumnya.



Bagaimana Ikigai Mempengaruhi Kehidupan Kita?


Menemukan ikigai Anda dapat memberikan banyak manfaat bagi kehidupan Anda. Beberapa manfaat dari menemukan ikigai Anda meliputi:


1. Meningkatkan kebahagiaan dan kesejahteraan

Menemukan ikigai Anda dapat membantu Anda merasa lebih bahagia dan puas dengan hidup Anda. Ketika Anda melakukan sesuatu yang Anda sukai, Anda akan merasa lebih bahagia dan terhindar dari stres yang berlebihan. Ini dapat memengaruhi kesehatan mental dan fisik Anda secara positif.


2. Meningkatkan produktivitas dan kinerja

Ketika Anda menemukan ikigai Anda, Anda akan lebih termotivasi untuk bekerja dengan lebih baik dan lebih cerdas. Anda akan merasa lebih bersemangat dalam mengejar tujuan Anda dan memiliki dorongan yang lebih kuat untuk mengembangkan keahlian dan kemampuan Anda.


3. Meningkatkan kesehatan mental dan fisik

Menemukan ikigai Anda dapat membantu meningkatkan kesehatan mental dan fisik Anda. Ketika Anda melakukan sesuatu yang Anda sukai, Anda akan merasa lebih bahagia dan tidak merasa terbebani oleh pekerjaan atau kehidupan sehari-hari. Hal ini dapat membantu mengurangi tingkat stres dan kecemasan yang dapat memengaruhi kesehatan Anda secara negatif.


4. Meningkatkan hubungan sosial

Menemukan ikigai Anda dapat membantu meningkatkan hubungan sosial Anda dengan orang lain. Ketika Anda melakukan sesuatu yang Anda sukai, Anda cenderung menarik orang yang memiliki minat yang sama. Hal ini dapat membantu Anda membangun hubungan sosial yang sehat dan bermanfaat.



Kesimpulan


Ikigai adalah konsep Jepang yang menggabungkan passion, misi, nilai, dan profesionalisme dalam satu kesatuan yang utuh. Menemukan ikigai Anda dapat membantu Anda menemukan tujuan hidup Anda dan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan mental dan fisik Anda.


Untuk menemukan ikigai Anda, Anda harus mengenali nilai-nilai dan minat Anda, menemukan passion atau gairah Anda, menemukan misi atau tujuan hidup Anda, menemukan pekerjaan atau karir yang sesuai, mengembangkan keahlian Anda, tetap fleksibel, dan berbagi dengan orang lain.


Ingatlah bahwa menemukan ikigai Anda mungkin membutuhkan waktu dan eksplorasi yang mendalam. Cobalah untuk tidak terlalu terburu-buru dan nikmati prosesnya. Teruslah berusaha dan jangan takut untuk mengubah hal-hal jika Anda merasa bahwa itu tidak lagi sesuai dengan ikigai Anda.


Sekarang, setelah membaca tentang ikigai, mari kita coba untuk memikirkan dan mengeksplorasi diri kita sendiri. Apa nilai-nilai yang penting bagi Anda? Apa minat Anda? Apa yang Anda nikmati dan merasa bangga dalam hidup Anda? Apa yang Anda ingin capai dalam hidup Anda? Jawab pertanyaan-pertanyaan ini dan buatlah daftar. Kemudian, cobalah untuk memikirkan cara-cara untuk menggabungkan semuanya menjadi satu kesatuan yang utuh.


Ketika Anda menemukan ikigai Anda, cobalah untuk mengintegrasikannya ke dalam kehidupan Anda sehari-hari. Jadikan ikigai Anda sebagai panduan dalam membuat keputusan dan mengejar tujuan Anda. Anda akan merasa lebih puas dan bahagia dengan hidup Anda ketika Anda hidup sesuai dengan ikigai Anda.


Dalam mengejar ikigai Anda, jangan takut untuk mengambil risiko dan mencoba hal-hal baru. Ingatlah bahwa proses menemukan ikigai Anda mungkin membutuhkan waktu dan eksplorasi. Teruslah berusaha dan jangan menyerah. Semoga artikel ini dapat membantu Anda menemukan ikigai Anda dan hidup dengan lebih bahagia dan bermakna.



Rekomendasi Buku


Tahun 2021 yang lalu saya membaca buku yang cukup menarik tentang ikigai yaitu:

Ikigai: The Japanese Secret to a Long and Happy Life - Francesc Miralles and Hector Garcia


0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Optimisme

Comentarios


bottom of page