Revenue #Seri Fundamental

Diperbarui: Feb 2

07 Fundamental Series: Revenue

Revenue atau biasa juga disebut pendapatan adalah semua bentuk pemasukan yang diperoleh perusahaan dalam kurun waktu tertentu. Pemasukan yang dimaksud di sini umumnya bersumber dari hasil penjualan berupa barang dan jasa selain pemasukan dari sumber lainnya.

Indikator Revenue (Pendapatan) biasa kita jumpai di kolom Income Statement. Melihat Revenue perusahaan bagi saya adalah hal yang penting gak penting. Kira" dengan alasan sebagai berikut:


1. Revenue perusahaan sering dibahas dalam berita-berita

Jika kita membaca atau menonton berita-berita di media Revenue suatu perusahaan sering dibahas, dan muncul rasa penasaran "apa sih yang dimaksud Revenue ini". Jika kita mengerti, apa itu Revenue tentu kita dapat mengikuti pemberitaan yang ada.

2. Di kolom Income Statement saya lebih suka melihat Net Profit

Secara pribadi untuk kolom Income Statement saya lebih menyukai melihat Net Profit dibandingkan Revenue. Karena Net Profit langsung menunjukan "berapa keuntungan yang didapat perusahaan" berbeda dengan Revenue yang belum dipotong ini-itu. Sebab bisa saja Revenue perusahaan begitu besar namun setelah dipotong pengeluaran lainnya, laba (Net Profit) yang tersisa sangat sedikit (bila dibandingkan dengan Revenue) Yang perlu diperhatikan dalam Revenue


1. Perhatikan Growth

Bandingkan Revenue suatu perusahaan dengan Revenue sebelumnya. Perusahaan yang baik adalah perusahaan yang Revenuenya bertumbuh dari waktu kewaktu. Jika demikian, perusahaan tersebut punya prospek bagus untuk bertumbuh dan berpotensi menghasilkan Revenue yang lebih besar dimasa mendatang


2. Perhatikan Besaran

Besaran Revenue juga kira-kira dapat menggambarkan "kelas" perusahaan. Perputaran uang yang besar disuatu perusahaan juga menggambarkan seberapa hebat perusahaan tersebut.

0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua