Cerita Seorang Nelayan dan Pengusaha

Diperbarui: Apr 23

Seorang pengusaha Amerika berlibur ke sebuah desa kecil di pesisir Meksiko atas perintah dokter. Tidak dapat tidur setelah panggilan telepon penting dari kantor pada pagi pertama dia berjalan ke dermaga untuk menjernihkan pikirannya. Sebuah perahu kecil dengan hanya satu nelayan baru saja merapat, dan di dalam perahu itu ada beberapa tuna sirip kuning besar. Orang Amerika tersebut memuji orang Meksiko atas kualitas ikannya.

"Berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk menangkap mereka?" Tanya orang Amerika itu. "Hanya sebentar," orang Meksiko itu menjawab dengan bahasa Inggris yang lumayan bagus. "Mengapa kamu tidak tinggal lebih lama dan menangkap lebih banyak ikan?" Tanya orang Amerika itu. "Saya punya cukup untuk mendukung keluarga saya dan memberikan beberapa kepada teman-teman," kata orang Meksiko itu ketika dia menurunkan ikan ke dalam keranjang. "Tapi ... apa yang kamu lakukan dengan sisa waktumu?" Orang Meksiko itu melihat dan tersenyum. “Aku tidur larut malam, memancing sedikit, bermain dengan anak-anakku, tidur siang dengan istriku, Julia, dan berjalan-jalan ke desa setiap malam, di mana aku menyesap anggur dan bermain gitar dengan amigosku (teman). Saya memiliki kehidupan yang penuh dan sibuk, señor. "

Orang Amerika itu tertawa. "Tuan, saya seorang Harvard M.B.A. dan dapat membantu Anda. Anda harus menghabiskan lebih banyak waktu memancing, dan dengan hasilnya, beli kapal yang lebih besar. Dalam waktu singkat, Anda bisa membeli beberapa kapal dengan daya angkut yang besar. Akhirnya, Anda akan memiliki armada kapal penangkap ikan. " Dia melanjutkan, “Alih-alih menjual tangkapan Anda ke tengkulak, Anda akan menjual langsung ke konsumen, akhirnya membuka pabrik pengalengan Anda sendiri. Anda akan mengontrol produk, pemrosesan, dan distribusi. Anda harus meninggalkan desa nelayan kecil di pesisir ini, tentu saja, dan pindah ke Mexico City, lalu ke Los Angeles, dan akhirnya New York City, di mana Anda dapat menjalankan perusahaan yang berkembang dengan manajemen yang tepat. " Nelayan Meksiko itu bertanya, "Tapi, senor, berapa lama ini akan berlangsung?" Orang Amerika itu menjawab, “15-20 tahun. 25 tahun paling lama. " "Lalu bagaimana selanjutnya, señor?" Orang Amerika itu tertawa dan berkata, “Itu bagian yang terbaik. Ketika waktunya tepat, Anda akan mengumumkan IPO dan menjual saham perusahaan Anda kepada publik dan menjadi sangat kaya. Anda akan menghasilkan milyaran. " "Milyaran, señor? Lalu apa?" "Lalu kamu akan pensiun dan pindah ke desa nelayan kecil di pesisir, tempat kamu akan tidur sampai larut malam, memancing sedikit, bermain dengan anak-anakmu, tidur siang dengan istrimu, dan berjalan-jalan ke desa di malam hari di mana kamu bisa menyesap anggur dan mainkan gitarmu dengan amigosmu… ”


Dikutip dari buku 4 Hour Workweek - Tim Ferris

0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua