Bagaimana Cara Mulai Berinvestasi Saham

Mungkin dari anda banyak yang sudah penasaran bagaimana cara mulai berinvestasi saham. Langsung saja berikut cara untuk mulai menjadi investor di Pasar Modal.


1. Cari Sekuritas

Sekuritas/Pialang/Broker adalah perantara antara investor dengan pasar modal. Anda tidak dapat langsung membeli dan menjual saham di pasar modal kecuali melalui pialang/broker sebagai perantaranya. Terdapat banyak Perusahaan Sekuritas yang dapat membantu investor untuk bertransaksi di pasar modal masing-masing dengan keunggulan yang ditawarkan. Pilihlah Perusahaan Sekuritas yang baik dan kredibel. Anda dapat mencari Perusahaan Sekuritas yang terdapat dikota anda. Daftar Perusahaan Sekuritas dapat anda lihat disitus bursa efek indonesia. Daftar perusahaan sekuritas dapat dilihat disini:

Link 1 (situs idx)

Link 2 (situs yuk nabung saham)

2. Mendaftar di Sekuritas

Setelah memilih sekuritas, langkah selanjutnya adalah mendaftar disekuritas tersebut. Cara mendaftar adalah dengan dengan datang langsung ke sekuritas yang bersangkutan atau ada juga sekuritas yang memiliki fitur mendaftar online. Saya sarankan untuk datang langsung disekuritas agar sekalian dapat bertanya jika ada yang belum dipahami.

Ketika mendaftar anda akan mengisi formulir dan jangan lupa menyiapkan kelengkapan dokumen. Biasanya yang perlu disiapkan adalah KTP, NPWP (jika ada), dan buku tabungan (fotokopi).

3. Menyetor Dana Awal

Setiap investor nantinya akan memiliki Rekening Dana Investor (RDI) atas nama sendiri. Untuk dapat membeli saham tentunya ada dana yang disetorkan. Masing-masing perusahaan sekuritas memiliki ketentuan berbeda mengenai besaran setoran dana awal. Namun tenang saja biasanya setoran dana awal tersebut terjangkau bagi anda. Bahkan ada sekuritas yang tidak memberikan batasan berapa minimum setoran dana awal.

Setelah melakukan langkah diatas dalam waktu yang relatif singkat anda sudah siap berinvestasi di bursa efek indonesia. Selamat berinvestasi.


0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua