Bagaimana Cara Mudah Membaca Lebih dari 30 Buku Dalam Setahun

Membangun kebiasaan baik adalah sangat penting dalam kehidupan setiap kita, salah satunya adalah kebiasaan membaca. Kendati mungkin sadar akan pentingnya membaca, kenyataannya minat membaca orang Indonesia sangat rendah. Menurut studi dari Central Connecticut State University, Indonesia berada di urutan 60 dari 61 negara dalam minat baca.

"Leader is a reader" - John C Maxwell

Mungkin banyak dari kita yang ingin mencoba mengembangkan kebiasaan membaca namun sulit memulai dengan berbagai alasan, dalam tulisan ini saya akan sharingkan kiat mengembangkan kebiasaan membaca yang saya pribadi lakukan dan terbukti berhasil.

Membaca itu mudah

Mungkin banyak dari kita sudah menyerah duluan melihat begitu tebalnya buku yang hendak dibaca, namun jangan patah semangat dulu, membaca buku yang tebal sekalipun sebenarnya sangat mudah. Jika saya tanya, bagaimana caranya memakan seekor gajah ? Jawabannya adalah memakannya sedikit demi sedikit. Kita tidak dapat menghabiskan sebuat buku hanya dalam satu sesi saja, bacalah sedikit demi sedikit, perlahan-lahan hingga selesai.

Teknik yang saya gunakan

Saya biasanya membaca buku 20 halaman setiap hari. Sesi membaca saya bagi dalam 2 bagian, yaitu 10 halaman dipagi atau siang hari, dan 10 halaman sisanya dimalam hari. 1) Membaca 10 halaman tiap sesi itu tidak berat, malah berasa kurang dan ingin tambah lagi. 2) membaca total 20 halaman sehari sangat memungkinkan dan mudah dilakukan.

Apa yang kita dapat?

Hanya dengan konsisten membaca 20 halaman sehari berarti:

  1. Dalam 10 hari kita sudah membaca 200 halaman

  2. Dalam 1 bulan kita membaca 600 halaman

  3. 1 tahun 7200 halaman

Bayangkan, berapa banyak buku tuh ?

jika rata-rata satu buku 200 halaman, 7200 = 36 buku, Wooow Amazing....!!!?

Jika mungkin ada yang merasa 20 halaman kebanyakan, anda dapat memulai dengan 10 halaman setiap hari, atau ada yang mau 30 halaman sehari ? Silakan-silakan saja. Awalnya saya juga memulai dengan 10 halaman sehari, namun karena dirasa masih ingin membaca saya tingkatkan menjadi 20 halaman sehari.

Semoga tulisan ini dapat berguna bagi kita meningkatkan minat baca, tanpa banyak pikir panjang langsung saja dipraktekan. Selamat membaca. ;)

0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua