AFF 2020: Indonesia vs Singapura, Pertandingan Super Menegangkan.

Sejang sejarah saya nonton pertandingan sepakbola sepertinya pertandingan ini adalah salah satu yang paling menegangkan. Maka rasanya layak saya dokumentasikan. Kejadian ini terjadi di Piala AFF 2020 (diselenggarakan tahun 2021 karena pandemi) antara Indonesia melawan Singapura. Pertandingan ini digelar tepat di hari natal tanggal 25 Desember 2022. Pada leg pertama dikandang Indonesia skor 1-1, ini adalah pertandingan leg kedua yang menentukan tim mana yang hendak lolos ke babak final.


Berikut link pertandingannya di vidio.com


SPOILER ALERT:

TULISAN INI MENGANDUNG SPOILER, JIKA ANDA MAU BISA NONTON DULU PERTANDINGANNYA DIPERSILAKAN, ANGGAPLAH SEPERTI NONTON LANGSUNG ANDA AKAN MENGERTI KENAPA SAYA KATAKAN PERTANDINGAN INI MENEGANGKAN.




Berikut Rekap pertandingannya.

  • Indonesia membuka skor 1-0 dimenit ke 11 Melalui Ezra Walian.

  • Memasuki akhir babak kedua (menit 45+3) pemain Singapura Safuwan Baharudin mendapatkan kartu merah. Tidak terima Safuwan Baharudin meninggalkan lapangan sambil marah-marah. Diposisi ini jika anda pendukung Indonesia tentu saja cukup tenang. Indonesia unggul 1-0 dan tim Singapura harus bermain dengan 10 pemain.

  • Hanya 1 menit berselang gol tercipta dari Singapura kedudukan menjadi 1-1. Safuan Baharudin yang baru saja dikartu merah bahkan sempat-sempatnya kembali dan memarahi hakim garis. Pertandingan memasuki babak kedua.

  • Dibabak kedua tepatnya menit ke 66 kejutan kembali terjadi, terjadi pelanggaran dan wasit mengeluarkan kartu merah keduanya kepada bek Singapura Irfan Fandi. Hal ini tentu saja menjadi keuntungan besar buat Indonesia. Bermain dengan 10 pemain saja sudah berat bagi Singapura apalagi ini harus bermain dengan 9 pemain. Indonesia punya kesempatan besar untuk unggul.

  • Namun,......kejutan yang sertamerta menyengat tajam terjadi lagi dimenit ke 74. Malah Singapura yang bermain 9 pemain unggul 2-1 melalui Sahdan Sulaiman.

  • Indonesia yang unggul jumlah pemain berusaha sekerasnya untuk mencetak gol. Namun gol yang ditunggu tak kunjung datang. Sepertinya waktu berjalan sangat cepat. Sudah menit 80-an gol belum terjadi untuk Indonesia. Pemain Indonesia terlihat sudah mulai putus asa, begitu pula dengan kita-kita yang nonton.

  • Setelah memasuki penghujung pertandingan akhirnya seberkah cahaya harapan muncul Pratama Arhan berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2 dimenit 87. Gol yang ditunggu-tunggu akhirnya datang juga. Dalam hati saya kalaupun pertandingan tetap dilanjutkan hingga perpanjangan waktu Indonesia toh Indonesia masih unggul jumlah pemain. Kemenangan sudah didepan mata, final sudah terlihat jelas.

  • Baru saja lega sesaat, geledek kembali menyambar. Hanya 1 menit berselang setelah gol penyeimbang tercipta, wasit sekonyong-konyong memberikan tendangan pinalti kepada Singapura dimenit 88. Woi, kalo gol Singapura bisa lolos dengan hanya 9 pemain. Peluang emas 24 karat buat Singapura. Pendukung Indonesia yang sebelumnya baru saja agak lega kembali bergejolak hatinya.

  • Tendangan pinalti dilakukan Singapura namun penjaga gawang Indonesia Nadeo Argawinata melakukan penyelamatan gemilang berhasil menepis tendangan pinalti tersebut. Selamatlah gawang Indonesia. Dimomen ini terjadi adegan yang langsung jadi meme. Asnawi Bahar menghapiri pemain Singapura yang gagal mengeksekusi pinalti dan menyampaikan sesuatu.

  • Babak kedua berakhir. Pertandingan dilanjutkan melalui perpanjangan waktu.

  • Unggul jumlah pemain Indonesia berhasil mencetak 2 gol. Skor akhir 4-2 bagi kemenangan Indonesia.

  • Menjelang akhir pertandingan wasit mengeluarkan kartu merah ketiga kepada penjaga gawang Singapura.

Selamat buat Indonesia, dengan susah payah akhirnya berhasil melaju ke babak final.


momen yang langsung jadi meme.

0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua